Pelaksanaan Tes SKB CPNS Tergantung Situasi Virus Corona

Pelaksanaan seleksi kompetetensi bidang (SKB) CPNS formasi tahun 2019 yang semula direncakan bulan Maret hingga April terpaksa ditunda. Kapan pelaksanaan tes SKB CPNS 2019 ini tergantung bagaimana situasi virus corono. Informasi ini sebagaimana yang diberitakan Kompas tanggal 24 Maret 2020. Kutipan beritanya sebagai berikut:

Penyelenggaraan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 mengalami penundaan. Jadwal tes SKB yang awalnya diagendakan pada 25 Maret 2020, terpaksa harus ditunda akibat wabah virus corona jenis baru yang saat ini tengah merebak di dunia, termasuk di Indonesia. Badan Kepegawaian Negara (BKN), melalui akun Instagram-nya @bkngoidofficial, mengunggah pengumuman terbaru seputar penyelenggaraan SKB ini. Unggahan itu menyebutkan, SKB baru dilaksanakan pada akhir April atau awal Mei 2020, dengan tetap melihat perkembangan situasi yang ada. “Rencana pelaksanaan SKB diperkirakan dijadwalkan pada akhir bulan April atau awal bulan Mei. Namun, hal itu tetap melihat situasi dan kondisi bencana nasional dampak Covid19,” demikian bunyi unggahan tersebut.

Saat dikonfirmasi, Plt Kepala Biro Humas BKN Paryono mengatakan, harapannya wabah virus corona sudah mereda pada April 2020. “Ya itu harapannya Covid-19 di akhir April atau awal Mei itu sudah reda atau sudah tertangani dengan baik oleh Pemerintah. Tetapi, jika kondisi mash darurat ya terpaksa kita jadwalkan ulang,” kata Paryono saat dihubungi Kompas.com, Selasa (24/3/2020). “Kita sambil lihat kondisi dan situasi,” lanjut dia. Penundaan pelaksaan tes SKB secara otomatis akan berpengaruh pada jalannya keseluruhan proses rekrutmen yang masih berlangsung. Hingga akhirnya, proses terakhir dari proses rekruitmen, yakni penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) pada mereka yang dinyatakan lolos, pun akan mengalami penyesuaian jadwal. “Betul, jadwal yang telah disusun oleh Panselnas pasti bergeser termasuk juga penetapan NIP-nya pasti juga mundur dari jadwal semula,” kata Paryono.

Meski demikian, para peserta seleksi diminta untuk selalu mengikuti perkembangan informasi terkait rekruitmen ini di laman atau media sosial resmi BKN. Di sana, segala pembaruan informasi akan selalu disampaikan. “Pasti, kami akan informasikan jika ada hal-hal yang penting melalui web BKN dan medsos BKN,” sebut dia. Seperti diberitakan sebelumnya, pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) telah dilakukan pada 22-23 Maret 2020. Instansi-instansi yang membuka pendaftaran mengumumkan hasil SKD CPNS di lamannya masing-masing.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “SKB CPNS Akan Digelar Akhir April atau Awal Mei 2020, Tergantung Situasi Wabah Corona”, https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/24/100353365/skb-cpns-akan-digelar-akhir-april-atau-awal-mei-2020-tergantung-situasi?page=all.
Penulis : Luthfia Ayu Azanella
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *